* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEKAWAN SERVIS OTOMOTIF

Suzuki Satria Tanpa Rantai

On 0 komentar

ternyata Bali tak cuma hebat memodifikasi skutik dengan aliran low rider. Kali ini Agung Darma, builder The 6 Pe dari Denpasar menyuguhkan karyanya Suzuki Supermoto dan Anda pasti tak menyangka kalau basisnya dari bebek Suzuki Satria 120R milik Nang Pacung. Hebatnya, transfer tenaga ke roda belakang tidak menggunakan rantai.

Untuk aliran road tracker ini, Agung menggunakan belt dan puli untuk menggerakkan roda belakang. Sistem transfernya memang lebih ribet karena dari gir depan dihubungkan rantai ke sproket yang bergandengan dengan puli depan yang dikasih pelindung dari pelat agar terlindung dari debu dan air. Trus, sproket kedua dipasang pada rangka bawah.

Lantas, putaran untuk memutar puli belakang berdiameter lebih besar yang terikat dengan teromol belakang, mengandalkan v-belt. "Begitu mesin bergasing, gir depan lebih dulu memutar puli depan pakai rantai dengan rasio 1:1. Trus, puli depan berdiameter 10 cm memutar puli belakang berdiameter 27 cm," terang Agung.

Diameter puli, menurut punggawa klub GPS Bali ini, sudah diukur berdasarkan besar lingkar gir depan dan belakang yang rasionya tepat dengan tenaga mesin dan bobot motor. Makanya, motor masih enak dijalankan, meskipu kondisi jalan rusak atau menanjak.

"Celah belt di puli dibikin sekitar 3 mm dan ketegangan belt bawah distabilkan tensioner mesin mobil Mitsubishi L300 agar tidak selip saat belt kena panas, basah atau kotor," ucap Agung.

Mengubah kelamin dari bebek jadi model motocross ini, rangka pun digarap ala road tracker dengan komposisi lumayan bagus. Apalagi sasis tipe cradle ini sudah diisi sokbreker limbah Yamaha SE YZ125 berikut segitiga dan setang lebar keluaran HDS.

Bagian tengah diisi bodi Yamaha YZ125 custom, meski harus mengatur ulang rangkanya agar posisi jok dan dudukan monosok Kitaco bisa center. Hasilnya, karyanya ini berhasil juara 1 bebek modifikasi Bali One Heart Modification Contezt.

0 komentar:

Poskan Komentar