* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEKAWAN SERVIS OTOMOTIF

Jakarta - Sory...sory, jack! Ini bukan varian baru dari Honda Scoopy model tiga roda yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM). Namun ini hanya permintaan khusus Tedy Anwar kepada bengkel G2C agar skubeknya dibuat jadi trike alias motor tiga roda. 

“Kebetulan saya suka jalan-jalan naik motor tapi bukan untuk harian, biar lebih nyaman tercetus ide Scoopy dibikin jadi roda tiga,” ujar pria yang tinggal di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.




Untuk meramu roda tambahan ini aplikasinya meniru kaki-kaki belakang mobil. “Model suspensi belakang dan breket dibuat independent seperti yang kebanyakan diaplikasi pada mobil,” ujar Wardoyo punggawa G2C yang mangkal di Gandul, Cinere, Depok. 

 


Jadi, pada bagian bawah CVT dibuat semacam dudukan dari pipa besi untuk menopang dua suspensi. Dudukan besi ini juga bertugas menahan as roda belakang yang berhubungan langsung dengan roda. “Biar stabil pada ujung kanan dan kiri as roda dipasang laher,” lanjut Wardoyo yang memanfaatkan as roda mobil.

Untuk trasfer tenaga dari as roda Scoopy dibuat gir yang berhubungan langsung dengan as roda belakang. Namun berhubung Scoopy dari pabriknya pakai pelek racing untuk dudukan gir akhirnya diakali pakai ttromol Vario. 

“Jadi, posisi gir penggerak roda belakang sudah nempel di teromol Vario,” terang Wardoyo yang harus mengubah sumbu roda Scoopy menjadi 150 cm untuk ngejar stabil. 


Lantas final gear yang berhubungan dengan as roda belakang dipasang segaris dengan gir depan. Untuk menyiasati biar roda belakang motor enggak saling tarik saat melaju, dibuat hanya bagian roda kanan aja yang berputar.  

Padahal kalau memanfaatkan bekas gardan mobil, diyakini bakal lebih sempurna lagi. Roda kiri-kanan tetap bisa berputar semua. Dipakainya lebih aman. 

Untuk ubahan bodi juga disesuaikan biar estetika tetap terjaga. Solusinya bagian cover bodi kiri dan kanan Scoopy dibuat ulang memanfaatkan bahan pelat besi. “Desainnya masih mengikuti asli cover bodi Scoopy, cuma dimensi yag sedikit dibuat lebih besar,” urai builder spesialis bodi pelat besi ini.

                                                   di lihat dari sisi sebelah kiri full bodi
                                                   di lihat dari dalam mobil di bagian setir
                                                              panel kontrol audio
                                                            pintu depan sebelah kiri
                                                         panel kontrol setir
                                                              jok belakan setir
                                                                      panel kontrol pintu
                                                                  blog mesin
                                                                      roda

Modifikasi Motor Yamaha Mio Soul 2011. Untuk modifasi motor jenis ini ( mio atau sporty) anda bisa melakukan modifikasi pada kaki – kaki. Tergantung pilihan anda , anda bisa berkiblat pada aliran hotrod ataupun lowrider, kedua aliran tersebut faktor kaki- kaki mendapat perhatian khusus.
Modifikasi pada lowrider pelek dan ban biasanya dibikin lebih gambot. Pada pemilihan pelek dan ban pun harus mempertimbangkan kemampuan dari motor matik itu sendiri. Jangan sampai dengan pemakaian ban yang terlalu besar malah pada akhirnya menyebabkan mesin bekerja keras.Anda bisa menggunakan pelek dan ban besar dengan catatan tenaga mesin juga harus kita perbesar. Caranya bisa dengan memperbesar kapasitas mesin sehingga tenaga yang dihasilkan akan menjadi lebih besar pula.

Bagian lain yang bisa di modifikasi pada motor yamaha mio ini adalah tampilan lowrider. Mesin bisa kita mundurkan untuk mendapatkan ruangan yang lapang sehingga ban ukuran besar bisa masuk. Tapi perlu diingat dalam melakukan ubahan pda mesin titik berat dan kekuatannya harus benar – benar diperhitungkan, jangan sampai dengan melakukan ubahan tersebut motor jadi tidak nyaman dikendarai.
Spare part aksesoris kendaraan untuk modifikasi motor yamaha mio soul maupun sporty sudah banyak kita temukan di toko2 accessoris . Tapi dalam pemilihan variasipun kita tidak boleh sembarangan. Pilih komponen aksesoris yang berkualitas baik karena akan memberikan kenyamanan saat dipasangkan pada modifikasi motor. Sebaliknya jika memakai komponen yang kualitasnya dipertanyakan sefety mungkin akan menjadi taruhannya.
Dalam modifikasi motor mio sporty ataupun mio soul anda harus mempertimbangkan aspek safety. Jangan hanya mengejar tampilan hotrod atau juga tampilan lowrider kita mengesampingkan faktor safety. Berikut gambar modifikasi  lainnya :

Mobil Suzuki Terbaru 2011 - Blog berita dan informasi teknologi 2011 kali ini update tentang mobil Suzuki 2011 new update gambar foto wallpaper dan video test drive mobil-mobil suzuki keluaran tahun 2011. Pada postingan lalu kami telah menginformasikan tentang motor terbaru 2011 atau juga motor suzuki 2011.

Mobil Suzuki terbaru 2011 yang paling banyak diminati atau yang paling canggih teknologi nya serta yang paling mahal pun akan kami sertakan pada postingan mobil terbaru 2011 di sini... seperti yang di bawah ini...

Foto Mobil Suzuki Swift 2011

Suzuki Swift

Foto Mobil Suzuki 2011

Wallpaper Suzuki Kiyashi Sport

WFoto Suzuki Kiyashi Sport































Jap Gaya Motor 

(Modif)'s Style Jap Bike 

Aliran kali ini kita bahas adalah aliran gaya Jap di motor. Di Jepang ada dua roda penggemar yang ingin tampil gaya, khususnya kaum muda memodifikasi sepeda motor mereka untuk lebih tepatnya adalah sebuah klasik modern untuk klasik. Meskipun tubuh seperti motor cacing dalam bermain film Tarix Jabrix pertama di bioskop bernapas Indonesia, tetapi untuk mesin yang lebih tua karena mesin tidak bahwa mereka modif sepeda motor bukan sekolah tua tapi rilis terbaru dari 250an cc nya! . : D Itu sebabnya dapat disebut klasik namun modern. 





Orang-orang Jepang tidak bernapas kehabisan ide di tengah kecanggihan dan untuk modernnan kota mereka. memang tanpa motor klasik terasa kurang garam. hehe.Indonesia adalah pengubah berbeda dengan motor, sebaliknya jadul modern dibikin ditambah baik fairing atau apalahh .. kembali ke topik. Jap Style biasanya ditandai dengan khaskan tangki CB, menunjukkan kendaraan frame-frame dan bingkai kendaraan harus merangkul lengan ayun seperti tentang kerangka kerja di Yamaha Scorpio, CB dan lampu belakang berada di spakbor belakang monoshock tapi DualShock juga tidak haram, sebuah pendek knalpot, velg jari dibungkus ban gambot, lampu kecil di depan sehingga terkesan luchu: D. keseluruhan modifikasi ini agar terlihat lebih dan lebih minimalis dan elegan.


Selain untuk menopang mobil, sokbreker juga berfungsi sebagai peredam gaya tekan yang terjadi berdasarkan kondisi jalan, gaya mengemudi dan pantulan per. Namun karena kondisi jalan tidak selalu bersahabat ditambah cara mengemudi yang agresif, umur pakai sokbreker alias peredam kejut ini tentu makin cepat. 


Di pasar tersedia beragam pilihan sokbreker pengganti. Mulai komponen orisinal standar pabrik, produk aftermarket yang sejenis dengan standar, sokbreker dengan spesifikasi khusus untuk balap, hingga produk rakit ulang (rebuilt). Tentu harganya juga berbeda-beda. Sebelum memilih, sebaiknya ada pemahaman tentang karakter sokbreker, sehingga tidak terjadi salah pilih. 

Berdasarkan arah gerakan, sokbreker dibagi atas single dan double action. Untuk single action, gaya redam terjadi hanya pada langkah memanjang (rebound stroke). Namun pada model double action, gaya redam terjadi baik pada saat memanjang atau memendek (bound stroke). Alhasil sokbreker tipe double action lebih nyaman digunakan ketimbang single action karena setiap gaya tekan diredam dengan baik. 

Sementara dilihat dari isinya, sokbreker dibagi menjadi jenis oli dan gas. Kelebihan sokbreker gas adalah responsnya yang lebih cepat dibanding jenis oli. Akibatnya mobil tidak mudah limbung, meski kenyamanannya saat menerjang lubang jadi berkurang. Meski disebut sokbreker gas, tapi bagian dalamnya tetap menggunakan oli dalam jumlah besar. 

Alasannya adalah karena komponen bergerak di dalam sokbreker butuh pelumasan, dan bila hanya terisi gas maka reaksi jadi terlalu cepat sehingga mobil menjadi sangat tidak nyaman. Temperatur sokbreker juga lebih tinggi akibat gesekan, hal ini bisa membuat sil-sil penyekat menjadi lebih cepat aus. 

Hal lain yang juga patut diperhatikan saat memilih sokbreker adalah panjang maksimum saat gerakan memanjang. Serta pendek minimum saat memendek. Hal ini diperhitungkan dengan jarak main dari per mobil. 

Jika panjang maksimum per kurang dari yang dibutuhkan, maka beban mobil saat berayun akan dipikul oleh sokbreker. Demikian pula bila panjang minimum saat memendek kurang dari yang dibutuhkan akan terjadi hal yang sama. Alhasil sokbreker jadi cepat rusak akibat memikul beban berlebih. 

Bagaimana dengan sokbreker rekondisi? Produk ini tidak dianjurkan untuk dipakai karena kualitasnya tidak jelas. Cairan yang disuntikkan tidak mungkin dapat bercampur sempurna dengan yang ada di dalam karena oli yang ada sudah mengalami kejenuhan.

Meski lebih murah tapi kualitas redaman dan umur pakainya tidak akan sebaik yang baru. Belum lagi risiko bocor dari bekas lubang suntikan akibat proses penambalan yang tidak bisa sempurna. Maunya berhemat malah akan merepotkan di kemudian hari. 

Sokbreker gas tidak mungkin disuntik. Karena begitu dilubangi, gas pengisinya akan segera keluar. Jika dipaksakan hanya akan mengubahnya menjadi sokbreker oli. 

Pertimbangan terakhir adalah kebutuhan. Jika hanya untuk kondisi normal, shock absorber standar pabrik ataupun aftermarket yang sejenis sudah cukup. Namun jika ingin sedikit lebih stabil namun tanpa mengurangi kenyamanan tersedia beragam pilihan di pasar. 

Patut diingat, harga untuk spesifikasi khusus tentu lebih mahal dari model standar itu. Lalu, gaya redam besar dapat meningkatkan pengendalian namun mengurangi kenyamanan. Sebaliknya, memilih sokbreker yang lebih empuk tentu mengurangi kemampuan bermanuver meski makin nyaman. 

Kapan harus ganti sokbreker? 
Ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan sokbreker sudah waktunya diganti. 
- Lihat keausan ban yang tidak merata. Sokbreker rusak menjadi salah satu penyebabnya. 
- Perhatikan saat mobil melalui polisi tidur, jalan berlubang atau rel kereta api. Bila mentok atau kandas berarti sokbreker perlu diganti. 
- Atau mungkin Anda pernah merasa setir seringkali membuang dan sulit dikendalikan? Jika iya, itu adalah salah satu akibat dari sokbreker yang sudah ‘mati’. 
- Lihat kondisi fisik sokbreker. Jika ada lelehan oli keluar dari tabungnya, berarti ada kebocoran dan wajib diganti. 
- Tekan ke bawah area bodi di dekat suspensi beberapa kali lalu lepaskan. Kalau ayunan tidak segera berhenti maka bersiaplah membeli sokbreker baru.